Friday, 22 April 2016

Skenario Pembelajaran Eksponen Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Skenario Pembelajaran Eksponen Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning



Oleh
Haryati Kurniawati
(2225142203)

PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2015


Skenario Pembelajaran
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : X / 1
Mata Pelajaran         : Eksponen
Alokasi waktu         : 40 menit

A.    Standar Komptensi
Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki motivasi interval, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi menyelesaikan masalah.
3.      Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.      Menunjukan sikap tanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur dan prilaku peduli lingkungan.
5.      Memilih dan menerapkan aturan eksponen sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
6.      Menyajikan masalah nyata menggunakan oprasi aljabar berupa eksponen serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.



C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen.
2.      Bekerjasama dalam kegiatankelompok.
3.      Toleransi terhadap pemecahan masalah yang berada dan kreatif.
4.      Meneruskan konsep bentuk suatu bilangan berpangkat dengan pemahamannya sendiri.
5.      Menemukan rumus pangkat negatif, pangkat nol, pangkat positif dan pangkat pecahan dari barisan bilangan berpangkat.
6.      Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan asalah yang berhubungan dengan eksponen atau bilangan berpangkat.
7.      Mengidentifikasi bilangan bentuk akar.
8.      Membedakan bentuk akar dan bilangan berpangkat.
9.      Mengoprasikan bilangan bentuk akar.

D.    Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskkusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran eksponen ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.      Menentukan konsep bentuk suatu bilangan berpangkat dengan pemahamannya sendiri.
2.      Menemukan rumus pangkat negatif, pangkat nol, pangkat positif dan pangkat pecahan dari barisan bilagan berpangkat.
3.      Terampil menerapkan konsep / prinsi dan strategi pemecahan masalah yang beruhubungan dengan eksponen atau bilangan berpangkat.
4.      Mengidentifikasikan bilangan bentuk akar.
5.      Membedakan bentuk akar dan bilangan berpangkat.
6.      Mengoprasikan bilangan bentuk akar.

E.     Model dan Metode Pembelajaran
Dalam mata pelajaran ini menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) menggunakan kelompok didkusi dan menggunakan pendekatan saintifik.

F.     Pengantar
Siswa SMA kelas X semester I diharapkan memahami dan menguasai materi tentang bilangan berpangkat atau eksponen dan dapat menerapkannya dalam memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari.

G.    Sinopsis
Pembelajaran ini diawali dengan memperkenalkan dan mengingantkan apa yang disebut dengan bilangan berpangkat atau eksponen, bilangan pokok atau dasar, dan mengajak siswa menyimpulkan definisi bilangan berpangkat. Sehingga siswa dapat menerapkanya dalam permasalahan yang ada dikehidupan sehari-hari.

H.    Proses Pembelajaran

1.      Kegiatan Awal
a.       Guru memasuki ruangan kelas.
b.      Guru mengucapakan salam.
c.       Siswa membalas salam.
d.      Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa.
e.       Siswa berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
f.        Selesai berdoa, lalu guru mengecek kehadiran siswa.
g.      Guru mengkondisikan kelas dalam suasana kondusif untuk berlangsungnya pembelajaran.
h.      Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami Eksponen khususnya materi hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat kemudian mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.
i.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
j.        Guru menginformasikan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan dengan metode kelompok atau diskusi termasuk aspek-aspek yang dinilai selama proses pembelajaran berlangsung.




2.      Kegiatan Inti
a.       Mengamati
Guru mengingatkan apa yang disebut dengan bilangan berpangkat atau eksponen, bilangan pokok atau dasar, dan mengajak siswa menyimpulkan definisi bilangan berpangkat.
b.      Menanya
Peserta didik termotivasi untuk mempertanyakan pembahasan eksponen yang belum dipahaminya.
c.       Menalar
Peserta didik berdiskusi dan mencari pola dari tugas yang diberikan secara berkelompok.
d.      Mencoba
Peserta didik menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan berdiskusi dengan kelompoknya.
e.       Mengkomunikasikan
Beberapa peserta didik  mepresentasikan hasil lembar kerja, sedangkan yang lain menanggapi.

3.      Kegiatan Akhir
1.      Guru memandu peserta didik merangkum hasil pembelajaran dan menginformasikan garis besar isi kegiatan.
2.      Guru memberikan tugas kepada peserta didik yang ada pada buku paket.
3.      Sebelum menutup pelajaran guru mengkondisikan kelas kembali agar menjadi kondusif.

4.      Guru menutup pelajaran dan diakhiri dengan doa dan salam.

No comments:

Post a Comment