Wednesday, 6 September 2017

RPP, LKS dan Skenario Pembelajaran Matematika - Matriks

Skenario Pembelajaran Matematika - Matriks

Kompetensi Dasar:
Menganalisis konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam  menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah.
Indikator/Tujuan:
      ·      Menentukan determinan matriks 3x3 dengan metode sarrus





Kegiatan awal :
Pengelolaan Kelas                               : Klasikal
Media, sumber, alat dan bahan           : Buku
Waktu                                                 : 5 menit
Langkah-langkah                                :
·         Guru melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
·         Guru dan siswa berdoa untuk memulai pembelajaran.
·         Guru memeriksa kehadiran pesertaa didik.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu siswa mampu menyelesaikan determinan matriks 3x3 menggunakan metode sarrus.
·         Guru meminta siswa untuk duduk bersama kelompoknya masing-masing
·  Guru memperlihatkan alat peraga Pamantriks untuk menyelesaikan determian dengan menggunakan metode sarrus.

Kegiatan inti :
Pengelolaan Kelas                               : Kelompok
Media, sumber, alat dan bahan           : Lembar Aktifitas Siswa
Waktu                                                 : 15 menit
Langkah-langkah                                :
Kegiatan Inti 5 M yang menggunakan kurikulum 2013
Mengamati:
·   Guru mengingatkan apa yang disebut dengan Matriks 3 dan mengajak siswa menyimpulkan definisi Matriks 3.
Menanya:
·     Guru menanyakan bentuk matriks 3 dan meminta satu siswa untuk membuat matriks 3x3 di depan papan tulis.
Mencoba:
·    Guru membagikan LKS dan alat peraga kepada masing-masing kelompok. Lalu meminta siswa untuk mendiskusikan LKS dengan kelompoknya masing-masing.
·       Siswa mencoba menyelesaikan LKS yang diberikan oleh guru.
Mengasosiasikan /menalar:
·       Siswa berdiskusi mengenai tugas yang diberikan secara berkelompok.
·       Siswa menyelesaikan permasalahan yang ada dalam LKS dengan kelompoknya.
·       Guru berkeliling untuk melihat setiap kelompok sambil memantau dan memberi arahan.
Mengkomunikasikan:
·  Guru meminta siswa untuk menyampaikan jawaban dan kesimpulan dari LKS yang telah didiskusikan bersama kelompoknya masing-masing.

Kegiatan akhir :
Pengelolaan Kelas                               : Klasikal
Media, sumber, alat dan bahan           : Buku
Waktu                                                  : 5 menit
Langkah-langkah                                :
·      Guru memandu peserta didik merangkum hasil pembelajaran dan menginformasikan garis besar isi kegiatan.
·         Guru memberikan tugas kepada peserta didik yang ada pada buku paket.
·         Sebelum menutup pelajaran guru mengkondisikan kelas kembali agar menjadi kondusif.
·         Guru menutup pelajaran dan diakhiri dengan salam.

No comments:

Post a Comment